Hukuman Berat ke Persib Tidak Akan Memberi Efek Jera buat Suporter

Sanksi berat yang dijatuhkan Komisi Disiplin PSSI ke Persib Bandung berkaitan dengan kasus kematian suporter Persija Jakarta, Halingga Sirla, dalam ajang Gojek Liga 1 bersama Bukalapak dinilai bintang film serta presenter olahraga kondang, Darius Sinathrya, tak akan memberi efek jera. Darius melihat persoalan kekerasan suporter di pentas sepak bola nasional bukan masalah sepak bola semata.

Ratubola

Advertisement

.

“Kasus-kasus kekerasan di sepak bola Tanah Air bukan murni karena sepak bolanya tapi merupakan bagian kecil dari masalah sosial yang terjadi di negara kita. Apa yang terjadi cerminan persoalan di masyarakat. Mulai dari pendidikan, kemiskinan, ekonomi dan banyak hal lainnya,” ujar Darius saat ditemui Bola.com di sela-sela kunjungan ke KLY Office Selasa, (2/10/2018) untuk mempromosikan film horor terbarunya Asih.

Pemerintah disebut Darius harus terlibat aktif dalam penyelesaian konflik suporter sepak bola, karena memang sejatinya luapan emosi berlebihan dalam bentuk fanatisme bukan masalah olahraga semata.

“Banyak di antara suporter meluapkan amarah dalam kehidupan nyata mereka yang keras. Hal ini yang perlu diurai. Seluruh elemen harus terlibat. Menghukum Persib dengan hukuman berat tidak lantas membuat konflik antar bobotoh dengan The Jakmania akan selesai. Setelah hukuman harus ada langkah lanjutan,” ujar Darius.

Menurut Darius sejatinya susah mendamaikan konflik antarfan sepak bola. Karena perbedaan pilihan dalam sepak bola merupakan sesuatu yang lumrah terjadi.

“Bentrokan pasti akan terjadi, tidak bisa dihindari. Terpenting, bagaimana PSSI dan pihak kepolisian bereaksi. Perlu dibuat standar pengamanan ketat sebagai pagar untuk menekan terjadinya anarkisme antardua kelompok berbeda,” ujar pria kelahiran 21 Mei 1985 tersebut.

Darius mencontohkan pengalamannya menyaksikan pertandingan final Liga Champions antara Juventus Vs Barcelona. Darius yang merupakan fan Barcelona bersama istrinya duduk di area tribune suporter Juventus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *